Berita LokalKegiatanKIMTak Berkategori

KIM Motekar Berdayakan 60 Emak – Emak Jadi Pelaku Bisnis

Anggota Kim Motekar memperlihatkan Produksi Sambel Jengkol rasa Udang

KERTASARI – Dalam upaya pemulihan roda perekonomian masyarakat, KIM motekar Desa Cihawuk Kec. Kertasari libatkan 60 emak-emak menjadi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Berbagai produk olahan makanan seperti Sambel Jengkol rasa Udang.

“Kami sebagai Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) , dalam rangka peningkatan ekonomi dimasyarakat KIM Desa Cihawuk Fokus pemberdayaan hasil Kreatif olahan makanan dimasyarakat dengan kemasan hasil branding KIM Desa Cihawuk dengan pengasilan cukup menjanjikan, “ungkap Aang Nurjaman Ketua Kim Motekar di Desa Cihawuk, Kamis (14/09/2023).

Aang mengatakan, sekitar 60 emak-emak beralih profesi menjadi penggiat olahan makanan di Desa Cihawuk, mereka telah mengikuti pelatihan UMKM dan sebagian sudah memiliki NIB dan Halal sehingga bisa jadi nilai jual dan penghasilan lebih tinggi KIM MOTEKAR Ciptakan Produk UMKM “Sambal Jengkol Rasa Udang” yang di pimpin oleh Teh Ucu,” kata Aang.

Kendatipun masih baru namun setiap hari orderan terus bertambah karena sambel jengkol ini di perkampungan bangaj peminatnya, sehingga omset penjualan yang di hasilkan cukup untuk menambah penghasilan, menutupi biaya kehidupan sehari-sehari.

Omset penjualan sehari bisa bikin ngiler

“Ini merupakan salah satu produk baru ditahun 2023 didesa Cihawuk atas inisiatif dan kerjasamanya dengan ibu2-ibu dikampung KB, KIM Motekar berkolaborasi untuk menciptakan Produksi terbarunya sesuai selera dikalangan masyarakat, sebagai hidangan sahabat nasi yg digemari di semua kalangan, “tambah teh Ucu.

Prodak sambal jengkol mungkin di Kabupaten Bandung banyak yang memproduksinya namun ini beda dari yang lain karena dalam pengolahan rasa dan tampilan yang berbeda, kami punya resep tersendiri.

Menurut Teh Ucu, Sambal jengkol rasa udang hasil produksinya ini baru buka di awal bulan seftember 2023, bagi konsumen yang jauh kami menerima pemesanan secara online dan siap antar untuk kawasan terdekat. Kalau mau resepnya darsng aja langsung ke lokasi kami akan bagikan resepnya biar makin bermanfaat mumpung lagi trend rwzeqi itu tidak akan tertukar dan bisa menikmati hidangan yang kami sajikan. *** #rajakim7

Pengumpul data
Aang Nurzaman
Kim Motekar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *